Inspirasi

Berhentilah Mengkhawatirkan Masa Depan, Syukurilah Hari Ini, dan Hiduplah dengan Sebaik-Baiknya

Terlalu memikirkan tentang masa depan, bisa membuat Anda menjadi khawatir dan tidak tenang. Kekhawatiran yang berlebihan dapat memicu seseorang berpikir negatif, tidak menemukan kebahagiaan dan stress. Untuk mengatasinya, perbanyaklah mengucap syukur, dan mulai belajar untuk tidak terlalu mengkhawatirkan masa depan.

Hancurkan Masa Kini, Khawatir dengan Masa Depan Lalu Menangis di Masa Depan

Ada 3 kebodohan manusia yang sekarang banyak dilakukan.

Kebodohan pertama, mereka mengaku khawatir tentang masa depan

Kebodohan kedua, tapi di masa kini mereka tidak melakukan apa-apa. Atau sebut saja mereka menghancurkan masa kini dengan pikiran-pikiran yang terlalu berlebihan memikirkan soal masa depan.

Kebodohan ketiga, mereka menangis di masa depan karena mengingat di masa lalu mereka tidak melakukan apa-apa.

Seperti yang dikatakan oleh Ali bin Abi Thalib,

“Betapa bodohnya manusia, dia menghancurkan masa kini sambil mengkhawatirkan masa depan tapi menangis di masa depan dengan mengingat masa lalunya.”

Perjalanan Hidup Kita Ini Seperti Mengendarai Mobil di Malam Hari

Saat kita mengendarai mobil di malam hari, yang terlihat hanyalah beberapa meter jalan  di depan yang mendapat pencerhan dari senter mobil kita. Sejauh itu kita tidak tahu akan ada apa di sana.

Layaknya hidup kita saat ini, kita tidak tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Yang kita ketahui cuma hal-hal kecil yang akan terjadi berikutnya. Itu pun kita tidak tahu secara pasti mengenai, ‘Apa yang akan terjadi selanjutnya’.

Yang harus kita lakukan supaya sampai di tempat tujuan dengan selamat adalah berkendara dengan sebaik-baiknya. Dengan memperhatikan jalan, tidak menyetir sambil bermain ponsel, tidak berkendara dalam kondisi mabuk atau hal-hal teledor lainnya yang bisa membawa pada keburukan.

“Lakukan saja yang terbaik hari ini, untuk mendapatkan yang terbaik di masa depan.”

Kunci Memperoleh Masa Depan yang Baik Menurut Orang-Orang Itu ….

Selain ada tipe orang yang pasrah dan tidak melalukan apa-apa di masa kini tapi khawatir dengan masa depan, ada satu tipe lagi yang khawatir dengan masa depan tapi melakukan hal-hal yang sekiranya menurut mereka dapat membuat masa depan menjadi lebih baik.

Ini mungkin bisa disebut sebagai ikhtiar.

Ada orang-orang yang telah merencanakan sesuatu untuk masa depannya. Mereka memulai menciptakan kehidupan masa depan yang cemerlang dengan memperhatikan hal karier, finansial dan percintaan di masa kini. Orang-orang seperti ini biasanya sudah memiliki rencana akan melakukan apa di 5 tahun atau 10 tahun ke depan.

Tapi sayangnya di sini kita adalah manusia. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan nanti. Kadang, rencana yang telah kita buat sedemikian rupa tetap saja ada gagalnya meski rasanya sudah begitu sempurna kita bangun persiapan untuk menjalani masa depan itu.

Apakah ini adalah cara yang tepat untuk mempeoleh masa depan yang bagus? Jawabannya tidak cukup.

Dengan rencana-rencanan seperti ini, Anda belum bisa memperoleh hal yang pasti. Untuk lebih menjamin masa depan Anda nanti, lakukanlah yang terbaik. Hidup dengan sebaik-baiknya, hidup dengan cara yang benar.

Kendati Anda tidak memperoleh kehidupan yang bergelimang harta di dunia dengan masa depan yang sukses, tapi Anda tetap bisa memperoleh masa depan yang cerah di akhirat nanti.

Bagaimanapun Juga, Anda Bisa Mengambil Hal Positif dari Rasa Khawatir Terhadap Masa Depan

Orang-orang yang peduli dengan masa depan itu baik. Mereka tahu kalau waktu dan tenaga yang ada saat ini sangat berperan penting untuk masa depan indahnya nanti.

Bagaimanapun juga, rasa khawatir dengan masa depan tetap memberikan sisi positif. Tapi sisi positif ini bisa mereka terima tergantung oleh rasa khawatir kalian menyikapinya.

Pernahkah kita diperingati orang seperti ini?

“Hey, jangan ngerokok. Itu gak baik buat kesehatanmu di hari tua nanti.”

Atau ….

“Jangan minum alkohol, itu gak bagus buat masa depanmu.”

“Jangan mencuri, itu bikin hidupmu memiliki catatan kriminal yang bakal ngerugiin kamu di masa depan nanti.”

“Jangan berbuat dosa, setelah mati hidup kita masih berlanjut.”

Dan berbagai peringatan lain yang membuat kita berpikir ulang melakukan kejahatan itu karena teringat bahwa hidup ini akan terus berlanjut.

Baik itu masa depan yang ada di dunia hingga masa depan di akhirat.

Lakukanlah yang terbaik hari ini, masa depan Anda tergantung apa yang Anda lakukan saat ini. Jika Anda khawatir dengan masa depan Anda, seharusnya itu menjadi dorongan Anda melakukan hal yang baik, terbaik, untuk hari ini dan hari berikutnya.

Baca Selengkapnya...
Back to top button
Close
Close