Tanaman

Cara Membuat Bonsai Kelapa

Bonsai Kelapa adalah tanaman atau pohon kelapa yang dikerdilkan di dalam pot dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon kelapa yang besar. Pohon kelapa yang berukuran besar bisa disulap menjadi bonsai kelapa bercabang yang berukuran kecil atau bonsai kelapa mini. Bonsai pohon kelapa diminati banyak pecinta tanaman hias, khususnya kolektor bonsai, dikarenakan pembuatannya yang mudah, sehingga menjadikannya langka dan tidak banyak orang yang memilikinya.

Tingkat kesulitan dari proses membuat pohon kelapa menjadi bonsai membuat harga jualnya sangat tinggi. Meskipun demikian, tetap banyak peminat dari bonsai kelapa. Untuk itu, bagi Anda yang mau bisnis bonsai, sebaiknya mencoba untuk membuat bonsai kelapa. Ada beberapa tahapan yang harus di terapkan. Untuk lebih jelasnya kami telah merangkum bagaimana cara membuat bonsai kelapa bercabang sebagai berikut.

1. Pemilihan Bibit Kelapa

Jika tahap pertama pada pembuatan bonsai beringin adalah menentukan bonggol beringin dari pohon yang sudah tua, pada pembuatan bonsai kelapa bercabang juga tidak jauh berbeda. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bibit yang bagus agar cepat bertunas.

Pada tahap ini, silakan Anda pilih buah kelapa yang sudah tua yang masih menempel di pohon. Mengapa? Sebab kelapa tua yang sudah jatuh ke tanah mudah rapuh dan mempunyai bentuk yang tidak menarik. Kelapa tua yang masih menempel di pohon akan lebih cepat memiliki tunas baru.

Saat pemilihannya, cari yang mempunyai ukuran sedang, tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Namun Anda juga perlu tahu jenis kelapa yang bisa dijadikan bonsai, seperti kelapa gading susu, kelapa albino, dan kelapa gading merah.

[tag no=1 tag=[“tanaman-hias “]

2. Penentuan Batok Posisi Kelapa

Dalam membuat pohon bonsai kelapa bercabang, bagian batok menjadi titik dasar perkembangan yang menjadi faktor penentu bentuk pola bonsai. Oleh karena itu, menentukan bentuk awal bonsai dengan mengatur posisi batok sangatlah penting.

Untuk membuat tunas baru setelah memilih bibit, hal yang harus Anda lakukan adalah menunggu beberapa hari hingga kelapa tua mengeluarkan tunasnya. Agar pertumbuhan tunasnya cepat, Anda bisa menempatkan kelapa tua tersebut pada permukaan tanah yang cukup basah dan lembab. Biasanya tunas akan tumbuh dalam waktu 1 – 2 minggu.

3. Membersihkan Sabut Kelapa

Apabila tunasnya sudah muncul, Anda bisa langsung membersihkan sabut kelapa atau membelah kelapanya terlebih dahulu dengan pisau. Lakukan pengupasan dengan membuat sayatan-sayatan bujur mengitari batok sampai bertemu pada titik yang sama menggunakan pisau tajam. Berhati-hatilah saat menyayat agar tidak mengenai tunas dan akar yang baru tumbuh. Setelah disayat, berikutnya langsung kupas semua sabut kelapa yang menutupinya.

4. Membersihkan Bulu Halus

Setelah sabut kelapa bersih, akan terlihat bulu-bulu halus pada batok kelapanya. Bulu-bulu halus tersebut harus dikerok dengan pisau sampai semuanya hialng. Terus bersihkan bulu-bulu halus sisa sabut kelapa hingga batoknya terlihat licin dan mengkilap. Untuk mempermudahnya, Anda bisa menggunakan bantuan amplas.

5. Persiapan Media Tanam

Siapkan pot kecil yang ukurannya cukup untuk menampung batok kelapa. Setelah itu, isi pot dengan campuran tanah, pasir, dan pupuk kandang yang masing-masing takarannya menggunakan perbandingan 2:1:1. Jika sudah terisi, langkah selanjutnya adalah menyiapkan botol bekas air mineral. Potong bagian atas botol dengan tinggi 5 cm, lalu gunakan untuk menutup bagian tunas kelapa agar dapat berkembang lebih cepat.

6. Proses Penanaman

Kelapa bertunas yang sudah ditutupi oleh kepala botol tadi bisa langsung dimasukkan ke dalam pot berisikan campuran media tanam. Lakukan penanaman bonsai kelapa bercabang dengan hati-hati. Miringkan posisi batok, lalu masukkan akar-akar kelapa ke dalam media tanam tanpa membuatnya terputus.

7. Proses Perawatan

Tahap berikutnya pada cara membuat bonsai kelapa bercabang ialah melakukan perawatan tanaman. Pohon bonsai mini yang tunasnya sudah ditanam tadi perlu dirawat dengan beberapa perlakuan seiring pertumbuhannya.

Ketika tunas bonsai sudah mulai tumbuh dan mengeluarkan daun baru yang belum terbuka, potonglah daun yang belum terbuka tersebut. Perlakuan ini bertujuan untuk mencegah daun kelapa tumbuh ke arah atas. Anda bisa memangkas daun yang masih terlipat tiap kali tumbuh daun baru. Lakukan terus agar bonsai kelapa Anda tetap imut dan menarik.

Selain pemangkasan daun, Anda juga perlu melakukan pemotongan tunas. Perlakuan ini dilakukan ketika tanaman bonsai Anda sudah setinggi 15 cm – 20 cm di mana umumnya sudah tumbuh tunas-tunas baru. Tunas-tunas yang baru bermunculan tersebut harus dipotong dengan hati-hati agar tanaman tidak tergores. Lakukan pemangkasan tunas secara rutin setidaknya 3 hari sekali di mana biasanya tunas baru akan tumbuh dalam waktu 3 hari.

8. Pemupukan

Perlakuan terakhir dalam membuat bonsai kelapa adalah melakukan penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dilakukan setiap pagi dan sore hari secara rutin setiap hari. Gunakan air yang dicampur dengan garam atau vetcin sebagai larutan yang disiramkan pada tanaman bonsai kelapa bercabang Anda. Penyiraman tanaman harus dilakukan lebih sering ketika memasuki musim kemarau.

Sedangkan pemupukan diperlukan untuk menjaga tanah tetap gembur. Pemupukan dilakukan tiap 15 hari sekali. Pada saat-saat tertentu, gunakan insektisida atau herbisida agar tanaman terbebas dari hama atau penyakit. Kegiatan pemberian nutrisi ini bisa membantu tanaman bonsai Anda cepat berbuah, tapi jangan lupakan juga penyiraman dan pemangkasan rutin pada daun, tunas, dan rantingnya.

Related Articles

15 Comments

  1. Definitely believe that which you stated. Your
    favorite justification seemed to be on the internet the simplest thing to be aware of.
    I say to you, I certainly get irked while people consider worries that they plainly
    don’t know about. You managed to hit the nail upon the top as well as defined out the whole thing without having side-effects ,
    people could take a signal. Will likely be back to get more.
    Thanks asmr 0mniartist

  2. Wonderful items from you, man. I’ve bear in mind your stuff previous to and you’re simply too wonderful.

    I really like what you have received right here,
    really like what you’re saying and the way by which you assert it.
    You’re making it enjoyable and you still
    care for to keep it smart. I cant wait to
    read much more from you. That is actually a tremendous site.

    asmr 0mniartist

  3. Fantastic beat ! I wish to apprentice while you amend your
    site, how could i subscribe for a blog web site? The account helped me
    a acceptable deal. I had been tiny bit acquainted of this your broadcast offered bright clear idea 0mniartist asmr

  4. I do not even know the way I ended up right here, but
    I thought this post was good. I don’t realize
    who you might be however definitely you are going to a well-known blogger if you happen to
    aren’t already. Cheers! 0mniartist asmr

  5. I visited several blogs but the audio feature for audio songs
    present at this web page is truly excellent. asmr 0mniartist

  6. I every time used to read piece of writing in news papers but now as I am a user of net therefore from
    now I am using net for content, thanks to web.

  7. I don’t even know how I ended up here, but I thought this
    post was good. I don’t know who you are but certainly you’re going to a famous blogger if you are not already 😉 Cheers!

  8. I’m not sure exactly why but this web site is loading incredibly slow for
    me. Is anyone else having this issue or is it a issue on my end?
    I’ll check back later on and see if the problem still exists.

  9. Greetings from Ohio! I’m bored to death at work so I decided
    to browse your website on my iphone during lunch break.
    I really like the information you present here and can’t wait to take a look when I get home.
    I’m surprised at how fast your blog loaded on my phone
    .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, excellent site!

  10. fantastic publish, very informative. I ponder why the opposite experts of this sector don’t understand this.
    You must continue your writing. I’m sure, you have a great readers’ base already!

  11. This is very attention-grabbing, You are a very skilled
    blogger. I have joined your feed and sit up for
    in the hunt for more of your excellent post.

    Also, I have shared your website in my social networks

  12. Hey I know this is off topic but I was wondering if you knew
    of any widgets I could add to my blog that automatically tweet my
    newest twitter updates. I’ve been looking for a plug-in like this
    for quite some time and was hoping maybe you would have some experience with something like this.
    Please let me know if you run into anything. I truly enjoy reading your
    blog and I look forward to your new updates.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button