Tanaman
Trending

Cara Mudah Membuat Bonsai Hokiantea

Hokiantea adalah salah satu tanaman yang biasa dijadikan Bonsai di Asia. Tanaman ini memiliki karakter yang bagus untuk di bonsai,yaitu kayunya yang berwarna agak putih,agak berkerak sehingga terkesan tua meskipun masih muda dan daunnya kecil. Daun mengkilap dan agak kasar,bertumpuk antara 3-4 helai daun,mudah tumbuh ranting sehingga sangat cocok untuk pemula dalam membuat bonsai.

Dikenal ada 2 hokiantean yang sudah umum di tanam,yaitu Hokian Buah Erethia (Carmona Mycrophilla) yang berbuah dan yang tak berbuah(Carmona Retusa). Pohon ini kebanyakan digunakan untuk pagar pekarangan rumah. Nama lokal untuk tanaman ini adalah gambiran, sedangkan diluar negeri dikenal dengan Fukien Tea.

Habitat alami pohon ini dapat ditemukan di pegunungan ataupun perbukitan,namun kadang juga dijumpai di daerah pinggiran sunga.Daun kecil dengan tekstur agak kasar dan bagian ujung bergerigi.Berbunga putih dan berbuah kecil-kecil,warna buah berbeda-beda antara buah muda dan tua. Buah muda berwarna hijau berubah kekuningan kemudian berubah menjadi merah yang kemudian mengering.

Tanaman ini mudah hidup, dengan pertumbuhan akar yang cepat penuh jika ditanam kedalam pot,jadi harus memahami tingkat kesuburan tanaman ketika pertumbuhannya sudah mulai bermasalah kemungkinan akar sudah penuh dan perlu di prunning akar atau di tanam dalam pot yang lebih besar maupun di ground.

Menanam biji Hokianti.

Jika anda ingin mendapat bentuk akar yang indah, saya menganjurkan untuk menanam melalui bijinya.

Untuk persiapan yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut :

  1. Menyiapkan biji hokiantea dari buah yang sudah mengering dengan ciri berwarna coklat gelap atau hitam.
  2. Menyiapkan media untuk penyemaian. Untuk medianya anda dapat menggunakan pasir halus yang di campurkan dengan sedikit tanah atau dengan sekam bakar yang di hancurkan.
  3. Gunakan nampan atau pollybaag
  4. Menaburkan biji yang sudah kita siapkan lalu menimbunnya. Jangan lupa untuk mengatur kedalaman timbunan yaitu sekitar 2 cm.
  5. Menyiram dengan air secukupnya.
  6. Jaga kelembaban dari benih yang di tanam dengan meletakannya di suhu udara yang teduh.
  7. Diamkan selama 1 minggu sampai biji yang di tanam beruban menjadi kecambah.

Anda bisa menggunakan cara lain dengan menyemai biji diatas kapan atau sejenisnya yang telah di basahi dengan air.

Stek Batang Hokianti

Selain dengan biji anda juga dapat menanam dongkelan atau stek batang.

Cara Penanaman Stek Hokiantea:

1. Cuci bersih batangnya .
Cuci batangnya kemudian direndam dengan perangsang akar

2. Penanaman
Langkah selanjutnya tanam di media yang baik, admin rekomendasikan dengan tanah dicampur pasir. Pencampuran dengan pasir di lakukan agar menghindari media terlalu basah dan menyebabkan akar busuk setelah proses penanaman.

3. Penyiraman
Siram sampai media basah

4. Tutup dengan plastik(sungkup)
Tutupi batang stek dengan plastik transparan. Selama di tutup jangan di siram sampai tumbuh tunas dan letakan pada tempat yang teduh.

5. Buka sungkup
Setelah tunas tumbuh anda bisa membuka plastik penutup,
Jangan sampai telat menyiram hokianti , kekeringan pada hokiantea akan menyebabkan timbul bintik putih setelah itu tanaman akan sulit tumbuh atau mati.
Ketika akar dirasa sudah kuat maka tanaman sudah bisa sedikit dipanaskan.

Harga Bonsai Hokianti
Untuk harga bonsai honkiantea berfareasi sekitar 700 ribuan sampai 1 juta. Harga bisa sangat jauh berbeda jika sudah menjuarai kontes.

Hokianti ini tergolong gampang hidup dan tumbuh ranting baru, maka anda harus sering merapikan batang serta daun yang menurut anda melewati jalur atau tidak sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Sekian beberapa pemahaman tentang bonsai jenis hokiantea semoga bermanfaat bagi anda.

Related Articles

9 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button