Lakukanlah 5 Hal Ini Jika Hidupmu Terasa Membosankan

Mulai dari membuka mata di pagi hari dilanjutkan dengan beraktivitas baik itu sekolah maupun bekerja hingga sore atau malam dan akhirnya tidur lagi. Itulah siklus hidup kita yang harus dijalani sehari-hari.

1/3 hidup kita dihabiskan untuk tidur, 1/3 dihabiskan untuk bekerja dan 1/3 sisanya untuk kegiatan lainnya. Seiring dengan bertambahnya usia kita, pernahkah Anda merasa bosan dengan hidup Anda? Pernahkah Anda menganggap bahwa hidup Anda terasa monoton seolah Anda ini adalah robot yang terus melakukan aktivitas begitu-begitu saja sepanjang hari sepanjang malam?

Anda tidak sendirian. Rasa bosan pasti dialami semua orang termasuk saya sendiri. Ada kalanya kita sulit melewati hari demi hari. Rasanya sungguh tidak bersemangat. Rasanya ingin sekali melarikan dari rutinitas dan membebaskan diri dari semuanya.

Jika Anda merasa demikian, saya akan berikan beberapa tips untuk mengatasinya.

1. Rencanakan liburan segera.

Ketika Anda merasa bosan, Anda butuh suasana baru. Anda mungkin harus keluar dari tempat Anda. Inilah saatnya Anda merencanakan liburan. Liburan memang menyenangkan dan kadang bikin ketagihan. Ketika Anda sudah memesan liburan, Anda akan lebih bersemangat menghitung waktu mundur. Anda akan lebih bergairah menjalani hidup sambil menunggu waktu tiba. Saya pernah bertemu dengan orang Australia yang sering liburan ke Bali. Tiap kali pulang dari Bali, ia selalu merasa sedih dan rindu. Yang ia lakukan adalah merencanakan liburan berikutnya. Tidak heran dalam setahun ia bisa pergi ke Bali dua sampai tiga kali. Penghitungan waktu mundur liburan selanjutnya membuat hari-harinya lebih menyenangkan dan seru.

2. Cari tantangan baru.

Ada seseorang yang suka merantau dari satu kota ke kota lainnya karena ia suka mencari tantangan baru. Tantangan tersebut membawanya pada suasana baru, teman baru, aktivitas baru dan hidup baru. Tantangan baru membuat hidup lebih fresh. Salah satu faktor utama penyebab munculnya rasa bosan adalah karena terus melakukan hal yang sama terus-menerus. Untuk itu Anda harus membuat beberapa perubahan. Tidak perlu sampai pindah keluar kota atau luar negeri. Cukup buat tujuan baru. Tantang diri Anda untuk meraih sesuatu yang lebih besar. Intinya adalah miliki tujuan. Tujuan sama dengan tantangan karena butuh usaha untuk meraihnya. Cara lainnya adalah tentukan aspek apa yang dalam hidup Anda yang menyebabkan rasa bosan, dan segera lakukan beberapa perubahan.

3. Jangan berdiam diri sendirian.

Banyak orang melakukan kesalahan ini saat sedang bosan atau suntuk. Mereka mengurung diri dalam kamar sendirian atau tidur. Percayalah, Anda akan makin bosan. Hindari hal ini kecuali Anda ingin menjadi biksu yang hidup menyendiri sambil bersemedi. Keluarlah. Lakukan aktivitas apa pun, jangan hanya diam mematung. Sibukkan diri Anda. Cari kegiatan untuk dilakukan.

4. Berkumpul bersama teman atau keluarga.

Ini juga salah satu cara yang efektif untuk mengusir rasa bosan. Ajak teman untuk berkumpul dan bercengkerama. Atau minimal mengobrollah dengan orang lain. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari rasa kesepian yang pada akhirnya membuat Anda mati bosan.

5. Lakukan hobi.

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan dalam hidup ini kecuali melakukan yang kita sukai. Bila perlu setiap hari kita bisa melakukan hobi kita. Rasanya hidup begitu menyenangkan. Setiap orang pasti memiliki hobi, tidak terkecuali Anda sendiri. Bila ada waktu, sempatkan diri untuk melakukannya. Melakukan hobi adalah lawan dari rasa bosan. Anda tidak akan pernah merasa bosan saat sedang melakukan hobi. Hanya satu hal yang Anda rasakan yaitu happy dan having fun.

Semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses.

About the author: Dewi Mirah

Loading...

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.