Memberi Kepada Sesama Tidak Akan Membuatmu Menjadi Miskin

Banyak sekali orang yang masih menganggap bahwa memberi dan berbagi itu merugikan. Nanti diri sendiri tidak tercukupi atau tidak mau peduli dengan apa yang orang lain butuhkan. Semua hal yang kamu miliki itu memang hakmu mau kamu apakan, tapi diam saja melihat orang butuh bukan perbuatan terpuji.

Ada 7 alasan logis kenapa kamu butuh memberi dan berbagi serta semua hal itu tidak akan membuatmu jadi rugi. Sebaliknya kamu akan untung. Cek daftarnya!

1. Kamu akan sadar bahwa kamu berguna bagi orang lain

Tidak ada yang lebih membahagiakan daripada kesadaran bahwa kamu berguna bagi orang lain. Mungkin bukan sesuatu hal yang besar atau mewah, tapi kamu jadi tahu bahwa hidupmu punya tujuan dan kamu diciptakan untuk peduli, bukan untuk mementingkan dirimu sendiri.

2. Kamu jadi lebih menghargai apa yang kamu punya

Kamu jadi jarang mengeluh, bahkan tidak menemukan alasan untuk mengeluh karena kamu tahu hidupmu bermanfaat. Semua yang sudah kamu berikan bukan tentang besar kecilnya, tapi tentang pemahaman bahwa kamu sudah tidak egois dengan merelakan milikmu menjadi milik orang lain juga.

3. Kamu jadi tidak tertarik lagi membandingkan dirimu dengan orang lain

Karena kamu tahu hidupmu cukup berharga dan kamu tahu hidupmu memiliki dampak yang baik bagi orang lain makanya kamu tidak lagi peduli untuk membandingkan dirimu dengan orang lain. Kamu jadi mengerti, bahwa segala yang kamu miliki itu adalah untuk dibagikan, bukan didiamkan saja.

4. Kamu jauh lebih mengerti apa itu bersyukur

Kamu jadi tahu bahwa tidak semua orang di dunia ini itu sama denganmu. Kamu jadi lebih bersyukur tentang hidupmu sendiri, bahwa setidaknya kamu lebih beruntung, makanya kamu ditempatkan di posisi si pemberi bukan penerima.

5. Kamu bakal jadi lebih bahagia karena kamu tahu orang lain bahagia karenamu

Mungkin banyak orang berpikir memberi dan berbagi itu bikin rugi, tapi justru sebaliknya. Kamu untung, kenapa? Karena kamu bahagia sudah membuat orang lain bahagia karenamu, itu sudah pasti.

6. Kamu belajar meningkatkan rasa simpatimu menjadi tindakan

Kamu bukan cuma akan tersentuh saja untuk memberi, tapi kamu juga akan membuktikan rasa tersentuhmu melalui tindakan. Kamu tahu bahwa kamu bisa melakukan sesuatu untuk orang itu makanya kamu tidak diam saja.

7. Kamu belajar caranya memperlakukan semua orang dengan baik tanpa membedakan satu dengan yang lainnya

Karena kamu memberi sesuatu yang kamu punya, entah itu ilmu, entah itu saran, makanan, uang, atau sesederhana perkataan semangat, kamu jadi lebih baik dalam memperlakukan orang-orang di sekitarmu. Kamu tidak lagi membedakan orang lain karena latar belakang atau karena apa yang dia kenakan. Kamu jadi lebih rendah hati.

Apapun yang kamu lakukan, akan jadi jauh lebih indah saat kamu bisa membagikannya dengan orang lain. Percayalah bahwa semuanya itu bukan tentang nilai. Bukan semakin banyak kamu memberi, tapi seberapa tulus hatimu saat memberi. Hal yang kamu anggap kecil, itu bisa berarti seluruh dunia bagi orang lain.

About the author: Dewi Mirah

Loading...

Related Posts