Objek Wisata Pantai Mbawana Sumba Nusa Tenggara Timur

Pantai Sumba memang sudah dikenal memiliki beragam destinasi wisata alam yang menawarkan panorama terbaik yang banyak di kunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya yaitu Pantai Mbawana yang memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Pantai ini pun bahkan masuk ke dalam nominasi Anugerah Indonesia II tahun 2017 sebagai tujuan kategori tujuan wisata baru yang terpopuler.

Pantai Mbawana atau yang dikena sebagai pantai Batu Bolong ini berada di Kec. Kodi, Sumba Barat Daya, NTT. Jaraknya hanya sekitar 59 km dari Bandara Tambolaka dan bisa ditempuh hanya sekitar 1 jam 22 menit saja. Sepanjang perjalanan, anda akan disajikan dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Hamparan pasir pantai nya yang putih dan lautnya yang biru menjadi pemandangan yang sangat eksotis untuk melepas penat.

Akses Menuju Lokasi Pantai Mbawana

Untuk akses menuju lokasi pantai ini memang terbilang cukup ekstrim karena medannya yang agak sulit ditempuh. Namun hal ini sepadan dengan pemandangan indah yang bisa anda saksikan saat berada di Pantai Mbawana. Untuk bisa menuju pantai Mbawana, terlebih dahulu anda harus melalui perjalanan darat dari Bandara Tambolaka dan membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk bisa sampai di Kec Kodi.

Sesampainya di pintu masuk, dibutuhkan fisik yang fit karena anda harus melewati jalanan tanah yang berkelok-kelok. Belum lagi, anda harus menuruni 300 anak tangga.

Via @sandalandsumba

Daya Tarik Objek Wisata Pantai Mbawana

Pantai Mbawana ini terbagi menjadi 2 bagian, yaitu area pantai dan area bukit. Sehingga pengunjung yang datang bisa menyaksikan langsung pemandangan Pantai Mbawana dari atas ketinggian. Salah satu daya tarik yang cukup menarik perhatian disini adalah adanya tebing kolosal yang berlubang di bagian tengahnya, mirip seperti gapura.

Pemandangan ini semakin indah karena ombak-ombak lautan yang menampar dinding tebing. Namun hal ini hanya terjadi saat pantai sedang pasang. Namun saat pantai sedang surut, ombak tidak bisa sampai ke bagian gapura. Selain unik, batu yang berlubang ini menjadi favorit bagi wisatawan untuk berfoto.

Selanjutnya anda bisa mencoba berpindah ke bukit yang letaknya lumayan dari pantai Mbawana ini. Jika anda ingin menaiki bukit, anda bisa mencoba menaiki ojek atau sewa motor. Sesampainya di bukit, anda dapat nongkrong di pondok bamboo kecil yang dibangun diatas bukit sambil menikmati keindahan pantai Mabawana dari sisi yang berbeda.

Terutama saat menjelang matahari terbenam, suasana di tempat ini begitu hangat dengan ditemani langit sore yang berwarna kemerahan. Tak heran jika banyak pengunjung yang jauh-jauh datang kesini untuk menikmati pemandangan matahari terbenamnya yang sangat indah.

Via @Di_Nusantara

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Mbawana

Tak hanya bisa menikmati keindahan pantainya yang snagat mempesona saja, ada banyak aktivitas lain yang bisa anda coba. Salah satunya adalah bermain ombak di pantai Mbawana dari atas papan selancar. Ombaknya yang begitu besar dan ekstrim memang sangat cocok dikunjungi bagi anda pecinta surfing.

Tak heran jika anda bisa menemukan banyak sekali peselancar internasional yang berlatih sambil menikmati keeksotisan yang menawan dari pantai Mbawana.

Jika anda ingin bermalam, tak perlu khawatir. disini ada banyak warga yang menyediakan rumah singgah yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk bermalam.

Jika anda berencana untuk berlibur di Pantai ini, siapkan rencana anda dari sekarang agar momen liburan menyenangkan anda bisa berjalan lancar. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Baca Selengkapnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button