Inspirasi

Satu Kali Kau Melakukan Kesalahan, Seribu Kebaikanmu Akan Terlupakan

Ini lah hukum yang berlaku sekarang ini. 1000 kebaikan tak akan bisa membuat Anda terlihat seperti Malaikat. Tapi satu keburukan membuat Anda terlihat seperti setan iblis penghuni Neraka Jahannam.

Tak perlu larut dengan hukum ini, dan jangan sekali-kali mengikuti hukum tersebut. Jika seperti itu adanya, Anda tak ada bedanya dengan manusia-manusia di luaran sana.

Manusia Seringkali Menghakimi Sesamanya Tanpa Perasaan

Kemarin dan kemarinnya lagi Anda melakukan kebaikan, tapi hari selanjutnya Anda melakukan kesalahan. Hari berikutnya lagi Anda melakukan kebaikan, tapi dipandang sebelah mata dan tidak dianggap karena kesalahan Anda yang kemarin. Kemudian hari berikutnya orang-orang itu terap mengingat kesalahan Anda, mengungkit-ngungkit bersama teman atau membicarakannya di belakang Anda.

Manusia memang seperti itu. Maling yang ketahuan mencuri saja langsung dipukuli tanpa peduli nyawa maling tersebut, serta tak peduli jika setelah itu mereka malah menjadi pembunuh.

Di Mata Manusia, Kesalahan Anda Selalu Lebih Berkesan daripada Kebaikan

Anda selama ini dikenal sebagai orang baik. Tapi karena satu kesalahan, Anda langsung dianggap orang jahat.

Kesalahan seseorang memang selalu berkesan. Lalu apa itu berarti dunia ini jahat? Manusia-manusia itu jahat?

Boleh jadi seperti itu. Tapi berpikiran baik lah, mungkin ini adalah cara dunia menjaga Anda agar tidak melakukan kesalahan lebih dari dua kali.

1000 kebaikan saja dilupakan karena 1 kesalahan. Coba bayangkan kalau Anda melakukan 2 kesalahan. Bisa jadi ada 2000 kebaikan Anda yang dilupakan.

Kasihanilah Orang-Orang yang di Hidupnya Hanya Bisa Menghujat

Sesungguhnya di hati orang-orang manusia yang suka menghujat terhalangi oleh kekotoran batin. Kasihanilah mereka sebab belum bisa melihat kebaikan orang lain.

Nasib mereka sungguh malang, bagaimana caranya nanti berteman jika 1000 kebaikan dilupakan dan 1 kesalahan terus diingat.

Bagaimana cara mereka memperoleh pasangan kalau 1000 kebaikan dilupakan tapi 1 kesalahan terus diingat.

Dan bagaimana cara mereka hidup dengan para manusia yang tak sempurna ini? Apakah hidup mereka akan terus menghujat dan menghujat? Apakah tidak capek? Kasihan sekali bukan?

Akan seperti apa nanti hidupnya kalau semua orang dianggap jahat olehnya hanya karena satu kesalahan kecil di hidupnya.

Apa yang Harus dilakukan Ketika 1000 Kebaikan Saya dilupakan Sementara 1 Kesalahan Saya Terus diingat?

Apakah kita harus berhenti berbuat baik hanya karena 1000 kebaikan kita tidak dihargai? Tentu tidak. Lalu apa yang harus dilakukan?

Yang harus Anda lakukan adalah tidak melakukan kesalahan itu lagi dan menjadi baik seperti yang mereka inginkan. Jangan menjadi seperti mereka, jangan ikut-ikutan menghakimi orang lain.

Sebenarnya, ada hikmah yang bisa diambil dari dilupakannya 1000 kebaikan kita.

Dengan ini kita diajarkan untuk selalu memperbaiki diri menjadi yang lebih baik dan lebih baik untuk kedepannya.

Tanpa merasa diintimidasi oleh kesalahan kita, kalian tak akan takut jika suatu hari melakukan kesalahan yang sama. Anggap saja ini sebagai hukuman sosial yang mencegah Anda melakukan kesalahan yang lebih besar lagi.

Anda Iblis di Mata Manusia, Tapi Anda Tetap Manusia Biasa di Mata Allah

Iya benar, 1000 kebaikan Anda dilupakan dari ingatan manusia. Tapi itu bukan berarti kebaikan Anda dihapus dari catatan kebaikan kalian?

Karena satu kesalahan, Anda tidak akan masuk Neraka. Anda tidak menjadi iblis. Anda tetap manusia, yang tak pernah luput dari kesalahan.

Tak usah peduli omongan menyakitkan mereka. Ambil sisi positifnya. Mereka cuma tak ingin Anda melakukan kesalahan lagi. Tapi bukan berarti perlakukan mereka itu dapat dibenarkan.

Ini hanya penenang untuk Anda yang merasa terpojokkan dengan mengajak untuk berpikir positif.

Baca Selengkapnya...
Back to top button
Close
Close