Tanaman

Teknik Mudah Cara Membuat Dan Merawat Bonsai Untuk Pemula

Semakin banyak orang menjadi tertarik pada hortikultura bonsai. Hobi hebat ini dapat membantu orang menghilangkan stres. Pohon bonsai ditanam dan ditanam dalam wadah kecil. Mereka bahkan dapat terlihat lebih cantik daripada yang tumbuh di alam liar dengan perawatan sehari-hari.

Jenis hortikultura ini dimulai berabad-abad yang lalu di Jepang. Ini berkembang sebagai tampilan rasa hormat yang lembut terhadap alam. Ini juga memungkinkan orang untuk menggambarkan rasa keindahan mereka.

Pohon bonsai membutuhkan komitmen yang lebih besar daripada menanam jenis tanaman biasa. Para penggemar bonsai harus selalu mengingat bahwa penampilan dan usia pohon bonsai merupakan dasar untuk harga dan keindahannya.

Pohon bonsai harus dipangkas, dipotong dan dibentuk sampai ukuran dan hasil yang diinginkan tercapai. berikut Teknik Mudah Cara Membuat Dan Merawat Bonsai Untuk Pemula:

Metode Satu dari Tiga:

Pemangkasan untuk Pemeliharaan.

1. Hapus semua gulma dan kayu atau daun mati.

Carilah gulma yang tumbuh di pot bonsai serta ranting atau daun mati di pohon itu sendiri. Dengan hati-hati mencabut gulma, pastikan tidak merusak akar bonsai. Ambil ranting atau dedaunan yang mati dari pohon dan buanglah.

2. Potong cabang yang disilangkan dan patah.

Cabang-cabang yang bersilangan saling bergesekan dan meninggalkan luka yang memungkinkan masuknya hama atau penyakit ke dalam kayu. Cabang atau ranting yang rusak harus dihilangkan untuk memungkinkan pohon mengarahkan energinya ke pertumbuhan baru. Gunakan pemotong cabang bonsai untuk memotong cabang yang bersilangan dan putus tepat di atas titik di mana mereka memanjang keluar dari batang pohon.

3. Kurangi ranting sehingga hanya memiliki 3-4 simpul.

Node adalah sendi yang keluar dari tumbuh. Setelah ranting memiliki 6-8 node, potonglah sehingga hanya 3-4 node yang tersisa. Buat potongan bersih tepat di atas node yang tersisa dengan pemotong cabang atau kenop. Ini menjaga pohon agar tidak tumbuh terlalu besar dan juga mendorong pertumbuhan baru.

4. Pangkas berat di musim semi dan musim panas.

Meskipun pohon bonsai dapat dipangkas sepanjang tahun, sebagian besar pemangkasan harus dilakukan ketika pohon tersebut aktif tumbuh melalui musim semi dan musim panas. Tergantung pada lokasi Anda, ini mungkin dari bulan Maret hingga September.

Metode Dua dari Tiga:

Melakukan Pemangkasan Struktural dan Gaya.

1. Pangkas untuk struktur dan gaya dari November hingga Februari.

Untuk memastikan Anda tidak merusak pohon terlalu banyak atau menghambat pertumbuhannya, Anda hanya harus memangkas struktur dan gaya saat pohon tidak aktif. Biasanya, ini selama bulan-bulan musim dingin dari November hingga Februari.

2. Memotong cabang besar.

Cabang-cabang besar yang menonjol dari pohon dapat dihilangkan, seperti cabang-cabang dengan tikungan atau belokan yang tidak alami atau yang terlihat tidak menyenangkan mata. Potong setiap cabang tepat di atas simpul di tempat yang membantu menyeimbangkan tampilan pohon. Gunakan pemotong cabang untuk membuat potongan yang bersih.

3. Rapikan mahkota dan kanopi.

Untuk memungkinkan cahaya menyaring melalui kanopi dan mencapai cabang yang lebih rendah, serta untuk membentuk kanopi ke ukuran yang diinginkan, potong kembali cabang atau ranting di bagian atas pohon. Gunakan pemotong cabang untuk memotong cabang dan tunas yang tumbuh terlalu banyak sehingga kanopi membulat dan seimbang.

4. Hapus pengisap dari pohon.

Pengisap adalah cabang kecil yang dapat tumbuh di pangkal batang atau cabang-cabang pohon. Ini dapat dipetik dengan jari-jari Anda untuk membantu menjaga keseimbangan dan estetika pohon. Singkirkan pengisap yang menurut Anda mengurangi daya tarik bonsai secara keseluruhan.

5. Putar tunas dari pohon konifer.

Untuk membuat bentuk yang lebih ringkas, gunakan jari Anda untuk menjepit seluruh jarum dari area yang terlalu besar atau terlalu banyak. Putar jarum untuk mengeluarkannya dari ranting. Biarkan 3 jarum di masing-masing cabang, tetapi jangan ragu untuk menghilangkan sisanya. Ini akan mendorong lebih banyak bercabang di pohon.

6. Menebangi pohon gugur setelah pertumbuhan baru telah menetap.

Dedaunan menghilangkan daun tua dan panjang dan mendorong pertumbuhan daun yang lebih kecil, lebih menyenangkan secara estetika. Potong setiap daun di pangkalan, biarkan tangkainya sendirian. Daun baru yang lebih kecil akan tumbuh di tempatnya. Ini adalah teknik yang berisiko, karena penggundulan hutan yang dilakukan selama waktu yang salah tahun mungkin berarti pohon itu tidak akan pernah pulih.

Metode Tiga dari Tiga:

Merawat Bonsai Anda setelah Pemangkasan.

1. Tutup luka dengan pasta luka.

Untuk mencegah terlalu banyak getah yang bocor dan untuk membantu luka sembuh, oleskan pasta luka bonsai ke memar. Peras sedikit krim ke jari yang bersarung dan oleskan lapisan tipis pada setiap potongan. Anda dapat menemukan pasta luka bonsai di pusat-pusat berkebun dan online.

2. Siram bonsai segera setelah dipangkas.

Sangat penting untuk menyiram bonsai dalam-dalam setelah pemangkasan untuk mendorong pertumbuhan baru. Pastikan untuk menjenuhkan tanah sepenuhnya saat pertama kali Anda menyirami pohon setelah pemangkasan.

3. Sirami pohon dengan ringan sekali sehari.

Anda harus langsung menyiram air dalam setelah pemangkasan. Kemudian, sirami pohon itu dengan ringan setiap hari. Usahakan agar tanah tetap lembab, tetapi tidak lembek. Tanah yang terlalu jenuh dapat menyebabkan pembusukan akar, jadi berhati-hatilah agar tidak terlalu banyak menyiram pohon.

4. Oleskan pupuk 7-7-7 setiap 2 minggu saat pohon tumbuh aktif.


Pilih pupuk yang dibuat khusus untuk pohon bonsai, seperti pupuk 7-7-7. Gunakan pupuk cair untuk bonsais kecil, dan pupuk granular untuk bonsais besar. Encerkan pupuk menjadi setengah kekuatan, atau gunakan setengah sebanyak yang diarahkan pada paket.

Related Articles

5 Comments

  1. Amazing blog! Do you have any hints for aspiring writers?
    I’m planning to start my own website soon but I’m
    a little lost on everything. Would you suggest starting with a free platform
    like WordPress or go for a paid option? There
    are so many choices out there that I’m completely overwhelmed ..

    Any tips? Appreciate it! asmr 0mniartist

  2. You’ve made some really good points there. I checked on the internet for
    additional information about the issue and found most people will go along
    with your views on this web site. 0mniartist asmr

  3. We are a group of volunteers and starting a new scheme in our community.
    Your site offered us with valuable information to work on. You’ve done
    a formidable job and our entire community will be grateful to
    you. 0mniartist asmr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button