Wisata

Wisata Taman Narmada Pemandian Raja di Lombok

Salah satu Tempat Wisata yang menarik di Lombok adalah Taman Narmada yang memiliki pemandangan dan suasana yang sangat indah. Seperti namanya, taman ini berada di daerah Narmada, tepatnya di Desa Lembuak, Kecamatan narmanda, Kabupaten Lombok Tengah. Peninggalan kerajaan yang dikenal sebagai kolam pemandian raja ini merupakan wisata spesial yang terlihat berbeda, diantara Objek Wisata yang ada di Lombok.

Jika selama ini pulau lombok dikenal dengan keindahan lautnya dan pantainya yang indah, pemandangan khas tropis dan alam yang masih alami, maka untuk Narmada, keindahan penataan taman buatan yang tetap terlihat modern dan indah walau berusia ratusan tahun, mempunyai daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berlibur ke Pulau Lombok.

Daya Tarik Wisata Taman Narmada

Di bagian bawah dari taman Narmada Lombok ini terdapat tiga kolam yang yang mendapat air dari sumber mata air jernih dan wujudnya seperti danau yang indah. Berjumlah tiga, sama seperti jumlah danau Segara Anak di puncak Gunung Rinjani. Selain itu, di dalam taman ini terdapat Pura Kalasa yang berada di bagian paling atas. Untuk sampai ke pura yang megah ini, anda harus melewati puluhan anak tangga yang dibuat agar tampak seolah-olah menaiki gunung. Kondisi alam yang memiliki udara segar, pepohonan yang rindang dan pemandian alami dengan air yang jernih.

Pada bulan November dan Desember, taman Narmada ini difungsikan sebagai pusat ibadah. Penduduk asli Lombok penganut agama Hindu, pada bulan tersebut merayakan Hari Pujawali dengan menaiki gunung Rinjani dan melakukan ritual pekelan dengan melempar barang-barang dan perhiasan kecil, untuk menghormati dewa yang telah menjaga Gunung.

Hal menarik lainnya di obyek wisata ini adalah, keberadaan berbagai alat permainan bagi pengunjung seperti sampan dan flying fox yang melintas di atas air kolam di taman Narmada, yang sumbernya berasal dari mata air yang ada di gunung Rinjani dan dipercaya bisa membuat awet muda. Percaya atau tidak, sebagian masyarakat setempat maupun wisatawan yang datang ke taman indah di Lombok ini biasanya melakukan mencuci muka atau meminum air kolam tersebut.

Sejarah Taman Narmada

Taman Narmada ini didirikan di kecamatan Narmada oleh Raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karang Asem pada tahun 1727. Tempat ini difungsikan sebagai tempat upacara Pekelan yaitu ritual pengorbanan, yang diselenggarakan setiap purnama kelima tahun Saka (Oktober-November). Selain tempat upacara, Taman Narmada juga digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau.

Nama tempat ini mengacu pada nama sebuah sungai di India. Wujud dari taman ini menyerupai gunung Rinjani dengan danau Segara Anak. Dan kabarnya, ketika sang raja sudah terlalu tua untuk melakukan ritual upacara kurban (pekelan) ke puncak gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter, maka beliau memerintahkan seluruh penghuni kerajaan untuk membawa suasana Gunung Rinjani ke pusat kota. Akhirnya di pinggir kota Mataram Lombok, mereka bersepakat untuk membuat duplikatnya yaitu Taman Narmada. Di masa lalu, selain sebagai tempat untuk memuja dewa Shiwa, Taman indah ini juga digunakan sebagai tempat peristirahatan dan pemandian sang raja.

Fasilitas Wisata Taman Narmada

Secara umum tempat wisata Taman Narmada Lombok ini memiliki berbagai fasilitas yang terdiri dari kolam, taman, dan beberapa mata air yang sudah terbukti asli berasal dari Gunung Rinjani. Sehingga kebanyakan masyarakat sekitar yang menamai mata air tersebut dengan nama mata air awet muda. Selain itu, pada masa lalu taman ini juga sering di gunakan sebagai tempat beristirahat keluarga kerajaan yang ingin menyejukan badan disini. Mengingat tempat ini memiliki suasana yang sangat sejuk dan segar bila di pandang mata.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke taman ini, biaya yang di tetapkan bisa dibilang cukup murah. Yakni harga untuk tiket masuk ke taman ini bagi wisatawan lokal hanya di kenakan biaya sebesar 5000 rupiah saja per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing atau mancanegara biaya yang di kenakan hanya sebesar 10.000 rupiah per orang. Dengan harga ini sebenarnya cukup murah bila di bandingkan dengan tempat lain yang menyajikan fasilitas yang sama. Sehingga cukup masuk akal bila banyak wisatawan baik domestik atau mancanegara yang berlomba-lomba untuk mengunjungi Taman Narmada Lombok ini.

Taman Narmada
Via @kemanakitaliburan

Akses Menuju Taman Narmada

Jika anda berkunjung ke Mataram, maka lokasi taman ini cukup mudah dan dekat untuk dicapai. Terletak di desa Lembuak, kecamatan Narmada, kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10 kilometer sebelah timur kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Luas areanya sekitar dua hektar dan memiliki kemudahan akses dari segala penjuru. Jika anda ingin menggunakan taksi dari pusat kota, tarifnya sekitar 50 ribu rupiah. Sedangkan jika ingin menggunakan transportasi umum, dari terminal Mandalika tidak lebih dari 10 ribu rupiah. Taman Narmada di Lombok memiliki lokasi yang sangat strategis dan posisi terbaik di wilayah Mataram. Dan jam buka untuk umum dimulai dari jam 7 pagi hingga jam 18.00 di sore hari dan buka setiap hari. Tiket masuk ke tempat ini cukup murah dan tidak lebih dari 10 ribu rupiah per orang.

Baca Selengkapnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close